Cari Blog Ini

Senin, 16 November 2020

Jadilah Orang Baik

 


JADILAH ORANG BAIK

Selalu ada yang berharga dalam hidup ini. Keluarga, pekerjaan, persahabatan, perhiasan dan sebagainya adalah harta yang selalu menjadi alasan bagi kita untuk terus mawas diri. Tidak ada orang yang ingin kehilangan sesuatu yang sangat berarti dalam hidupnya demi alasan apapun, sekalipun kehilangan itu sendiri adalah sebuah keniscayaan dalam hidup. Meski begitu, kehilangan itu sendiri selalu menegaskan dua hal: kita tidak ditakdirkan untuk kekal sejak lahir.  Kita adalah perantau, pengembara yang hanya bisa terus bergerak dari satu gunung ke gunung berikutnya. Setiap singgahan akan melahirkan kesan dan setiap penolakan akan melahirkan kekuatan sekaligus kesadaran bahwa kita tidak benar-benar sendiri dalam perjalanan.

Pernahkah kamu menggengam pasir? Itu pelajaran kedua dari kehilangan. Kita wajib menjaga apa yang dianggap berharga karena itu bagian dari cinta, tetapi bebaskanlah dirimu dari bahaya kelekatan. Kelekatan itu distorsi. Kelekatan akan membuatmu eksklusif bagai di padang pasir. Kelekatan melahirkan ambisi, ambisi melahirkan benci, benci melahirkan dendam, dan dendam menutup semua pintu untuk cinta, maka lahirlah sebuah circle tak berujung.

Lalu apakah itu berarti kita membiarkan orang lain boleh mengabil harta yang patut dijaga? Tidak perlukah kita membalas orang yang ingin merampas kepunyaan kita? Tidak! Tidak ada tempat untuk balas dendam sebagaimana juga tidak ada tempat untuk berlaku kejam. Satu-satunya cara untuk menyudahi semuanya itu adalah menahan diri. Jadilah orang baik yang berusaha melawan kejahatan tanpa perlu menjadi jahat. Jangan berdiam diri di hadapan kejahatan. Lawanlah tapi dengan tidak menjadi orang jahat. Kejahatan tidak akan berhenti dengan sendirinya. Ia butuh tangan-tangan yang baik untuk menghentikannya.

Pertahankanlah apa yang patut dipertahankan, tetapi tetaplah berlaku baik sebagaimana adanya orang baik.

» Jeffrey Aryanto »

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PEGUMUMAN KELULUSAN SISWA  SMA NEGERI MIOMAFFO TENGAH  TAHUN AJARAN 2021/2022 Informasi ini disampaikan kepada seluruh siswa Kelas XII SMAN ...